Jumat, 04 Desember 2015

Published 07.27.00 by with 0 comment

Tips dan Trik dalam UAS

Hai!
ando is back! so hari ini kita akan ngebahas tentang UAS. so lets check it out!

Apa itu UAS?
Untuk para pelajar pasti tau dong uas itu apa.. tapi biar lebih jelas gua jelasin lagi. so UAS ato dikenal juga dengan sebutan Ulangan umum adalah ulangan atau test atau uji kompetensi terakhir tiap semester. UAS biasanya memberikan soal sebanyak 20-40 soal. Rata-rata sekolah memberikan soal UAS secara dua bagian yaitu pilihan ganda yang biasanya jumlah soal sekitar 20-40, dan uraian atau essai yang jumlahnya sekiar 3-5. nah UAS ini adalah ulangan yang paling ditunggu dan ditakuti para pelajar karena soal UAS meliputi bab 1 sampai bab terakhir. UAS biasanya menjadi ajang pamer bagi anak-anak pinter (ini ngeselin), dan menjadi ajang yang menyedihkan buat anak-anak yang kurang berperstasi.

Nah buat yang kurang berprestasi gua bakal kasih kalian tips & trik nya biar kalian dapat ngalahin tu orang-orang pinter yang sombong! hehehe

1. Jangan belajar semuanya dalem semalem tapi dicicil.

Belajar
banyak pelajar belajar buat UAS sehari sebelum hari H (gua juga sih), sebenernya ini bukan cara yang efektif. Kenapa? karena banyangin aja misalkan ulangan 5 bab, apa kita bisa ngapalin semuanya dalem semalem? kadang-kadang aja kita ga ngerti apa yang guru jelasin hehehe. jadi supaya ga kelabakan belajar 5 bab kita belajarnya secara nyicil. prinsipnya sama kek beli barang nyicil, sedikit-sedikit bayar. Nah tapi bedanya adalah kita bukan bayar tapi belajar. contoh belajar nyicil tu begini, misakan kita tau UAS tinggal 4 minggu lagi, nah kita mulai belajar dari 4 minggu itu. coba kita pikir misalkan minggu pertama kita nyicil bab 1, minggu kedua bab 2 sampe 1 hari terakhir kita bab 5 ( hari terakhir belajar 2 bab) nah kita bisa malem sebelum UAS ato paginya buat nge-review ulang yang kita pelajarin, nah dengan cara begini kita lebih mudah buat belajar :D

2.Jangan teralu stress belajar.

banyak pelajar menganggap UAS sebagai beban yang berat, padahal sebenernya sama aja cuma cara kita belajar yang salah. coba kita pikir,  belajar 5 bab dalem semalem, belom kalo UAS sehari 3, Ya mana bisalah kita belajar optimal. nah kalo kita udah ngelakuin langkah pertama yaitu nyicil, kita gabakal ngerasa stress buat belajar :D 

3.Harus fresh waktu hari-H

Sarapan
fresh dalem hari-H? kenapa?. karena kalo kita ga fresh, kita gabisa mikir secar optimal. kalo gabisa mikir secara optimal yah sia-sia apa yang kita udah pelajarin, toh lupa semua gara-gara ga fresh. nah gimana cara kita bikin supaya kita fresh?. caranya gampang kok, cuma jangan tidur malam-malam atau begadang dan jaga sarapan pagi. kenapa jangan begadang? nih kalo kita begadang pasti jam tidur kita kurang, kalo jam tidur kurang apa yang bakal kita pikirin waktu UAS ya pasti Tidur, so jangan begadang. nah kenapa kita harus sarapan? kalo kita ga sarapan kita pasti laper, kalo kita laper pasti pikiran cuma makan, ya pasti konsentrasi terganggu.

4.Jangan nyontek

nyontek sudah menjadi kebiasaan rata-rata pelajar, nah kalo UAS jangan nyontek, kalo kalian nyontek dan ketawan guru, nilai UAS kalian pasti nol dan nama kalian pasti jadi buruk di mata teman dan guru. juga kalo kebanyakan nyontek bakal jadi kebiasaan yang ngga baik bagi pelajar.

5. Baca soal dengan sebaik dan seteliti mungkin
UAS

kenapa? karena banyak jawaban pilihan ganda di UAS yang menjebak, jadi kita harus seteliti mungkin jangan sampe salah nyilang, kalo salah silang ya pasti sakit, udah cape-cape belajar salah, gara-gara ga baca soal teliti cape deh.

6. Doa 

doa secara masing-masing agama. kenapa? karena apapun yang kita lakukan ato perbuat ya pasti dari yang maha kuasa. karena itu kita harus doa supaya yang maha kuasa memberkati kita dalam mengerjakan UAS, nah kapan aja kita harus doa? waktu sebelum dan sesudah mengerjakan UAS. sesudah? kenapa sesudah? karena kita harus bersyukur dan menyerahkan segalanya kepada yang maha kuasa.

So begitulah Tips dan Trik dalam menghadapi UAS. Buat yang lagi UAS semangat belajar dan jangan lupain Tips dan Trik diatas,buat yang ngak UAS jangan lupa selalu belajar dan bekerja keras ya!

Thanks for Reading. :D

0 komentar:

Posting Komentar